Minggu, 25 Januari 2015

BERITA TERBARU

LOMBA BURUNG BERKICAU DI MAPOLRES PAYAKUMBUH





 Bapak Fadli Zon Wakil Ketua DPR RI bersama Wakil Walikota Payakumbuh besrta Ibu KAPOLRES PAYAKUMBUH Hadiri Lomba Burung Berkicau di POLRES PAYAKUMBUH.





Gubernur dan Walikota Sisipkan Keris, Limbukan Sudah Punya 111 Ninik Mamak Kepala Kaum

Payakumbuh – Nagari Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, saat ini sudah punya 111 ninik mamak kepala kaum, menyusul dikukuhkannya 15 ninik mamak baru dalam acara baralek batagak penghulu, di halaman Balai Adat Nagari Limbukan, Rabu (6/5). Alek batagak penghulu itu dihadiri langsung Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Dt Rajo Bandaro Basa bersama Walikota Payakumbuh Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam.

Kemudian juga hadir Ketua LKAAM Payakumbuh diwakili J Dt Tan Mamad, Ketua-Ketua KAN dari 8 nagari di Payakumbuh, Ketua TP-PKK Sumbar Ny Nepi Irwan Prayitno, Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny Henny Riza Falepi, Kapolresta AKBP Yuliani, SH, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro SPd, sejumlah anggota DPRD Dapil Payakumbuh Timur, sejumlah pimpinan SKPD, bundo kanduang serta ratusan anak nagari Limbukan.

Pengukuhan atau memandu pembacaan sumpah ke-15 ninik mamak baru itu, dilakukan Dt. Mogek Basa nan Hitam. Untuk selanjutnya Gubernur Irwan Prayitno bersama Walikota Riza Falepi Dt. Kaampek Suku serta anggotaMuspida lainnya, secara bergantian menyisipkan keris kepada ninik mamak baru tersebut.

Kelima belas penghulu yang dikukuhkan tersebut terdiri dari 10 ninik mamak mangombang nan talipek, 4 ninik mamak iduik bakarelaan, dan seorang ninik mamak guntiang sibabaju lalu mambangun soko baru.

Nama-nama penghulu baru itu masing-masing Amril Djailani Dt Paduko Saruanso, Deni Mardinus Dt Kakondo Marajo, Ananda Putra Dt Mangkuto Bosa, Mira Heldi Dt Bijayo, Rahimi Dt Sati Nan Putiah dan Agusmen Dt Bagindo Mudo, keenamnya dari pasukuan nan IX.
Kemudian, Hazmil Fikri Dt Bosa Dirajo, Wazirman Dt Sinan Putiah, Noviardi Dt Simarajo Lelo Nan Panjang, Riswenfil Dt Rangkayo Mulia, Nasrul Dt Paduko Sati, Syamsuardi Dt Parmato Nan Balobiah, keenamnya dari pasukuan IV ninik. Berikutnya, M.Alif Dt Bagindo Sinjato dari pasukuan Bendang Malayu, serta Lulhamdi Dt Mogek Bosa Nan Putiah dan Permata Budi Dt.Mogek Bosa Nan Hitam dari pasukuan Bodi Caniago.

Gubernur Irwan Prayitno Dt Rajo Bandaro Basa, Walikota Payakumbuh Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku, mengajak seluruh ninik mamak di kota ini berperan aktif menggerakkan dan memajukan pembangunan, mulai dari nagari sampai ke tingkat kota dan provinsi. Menurut gubernur, bahwa adat itu ada dan melekat pada setiap individu yang harus dijadikan budaya disetiap nagari.

Tugas dan fungsi ninik mamak itu, kata gubernur, harus benar-benar diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernagari. Jangan sampai ada di antara ninik mamak hanya memakai gelar kepala kaum saja. Habis dilantik, tak menjalani amanah yang disandangkan kepada dirinya. Karena itu, pemprov dan pemko siap memfasilitasi ninik mamak, untuk kembali memfungsuikan peran ninik mamak itu di tengah anak kemenakan dan di tengah nagari.

Karena menurut gubernur dan walikota, jika semua ninik mamak telah menjalankan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat dan anak kemenakan, maka beban tugas pemerintah akan menjadi ringan. Gubernur mencontohkan, jika terjadi sengketa tanah atau perseteruan lainnya, tidak akan ssmpai ke pihak aparat penegak hukum, jika persoalan di tingkat nagari dapat diselesaikan oleh ninik mamak bersangkutan.

Karena itu, semangat persaudaraan, kekarabatan dan bernagari itu mari dipelihara dan ditingkatkan. Peran lembaga adat, seperti KAN dan LKAAM, benar-benar difungsikan, agar terpelihara sinergisitas antara pemerintah dengan ninik mamak, dalam membangun nagari di Minangkabau ini, simpulnya.

Ketua LKAAM Payakumbuh diwakili Dt Tan Mamad, dalam sambutannya, siap memfungsikan seluruh unsur ninik mamak pemangku adat untuk meningkatkan perannya. Milakukan inter-aksi dengan seluruh lembaga adat, ninik mamak serta bundo kanduang dan unsur lainnya. (By padang-today.com)










RANDI CS TIDAK LOLOS DARI
OPERASI SIKAT SINGGALANG 2015



Payakumbuh – Paur Humas Polres Payakumbuh, Ipda Maisir  menyatakan jajarannya kini tengah melaksanakan kegiatan Operasi (Ops) Sikat Singgalang 2015 dengan sasaran Curat, Curas yang berlangsung selama 14 hari, mulai dari Rabu  (22/4/2015) sampai dengan Selasa (05/05/2015) mendatang.



(28/4/2015) sekira jam 23.30 Wib empat orang pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang menjadi target Operasi (TO) Sikat Singgalang 2015 akhirnya berhasil diringkus di rumahnya masing-masing, adapun identitas dari keempat orang tersebut yakni inisial RND (28 tahun) warga Pakan Sinayan, RND (19 tahun) warga Kel Sicincin, DIO (19 tahun) warga sungai kamuyang, RMD (20 tahun) Warga Kel. Padang Karambia yang merupakan target Operasi. 


Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, keempat pelaku langsung digelandang ke Mapolres Payakumbuh untuk pengembangan lebih lanjut.




SELANG SATU HARI
DUA SEPEDA MOTOR HILANG 


 




Pid – (2 April 2015) ketika korban inisial Aw sedang makan di sebuah warung pecel lele bersama seorang temannya, tanpa ragu aw memarkir sepeda motor Mio kesayangannya tepat di depan warung pecel lele dengan kunci kontak masih terselip di sana, bukan karna gegabah tetapi karna ada anak aw yang duduk menunggui sepeda motor tersebut, entah karna alasan apa anak aw yang bernama farhan tersebut meninggalkan sepeda motor yang dititip oleh aw dan pergi menemui aw ke dalam warung pecel lele yang berada di depan Lembaga Pemasyarakatan Kota Payakumbuh, ketika hendak kembali ke sepeda motornya yang jelas diparkirkan di depan warung tersebut tiba-tiba tidak terlihat lagi kemudian aw baputa-puta mencari sepeda motor Mio BA 3515 LN tersebut, namun apa boleh buat Mio tersebut tidak tau jalan pulang alias Hilang, kemudian Aw melaporkan kejadian yang menimpanya ke Polres Payakumbuh untuk pengusutan lebih lanjut.



(4 April 2015) Tak jauh-jauh dari kawasan Lembaga Pemasyarakatan Kota Payakumbuh tepatnya di depan masjid Muhammadiah Martina Afriyuni (MA) bersama suami hendak menunaikan ibadah shalat dzuhur dan memarkirkan sepeda motor miliknya di depan masjid muhammadiah, setelah menunaikan ibadah sepasang suami istri ini pergi berbelanja ke Dept Store Ramayana yang berada tak jauh dari Masjid Muhammadiah tersebut, setelah berbelanja dengan jantung berdebar-debar dari jauh MA tidak melihat sepeda motor yang diparkirkannya tadi, semakin mendekat, rupanya sepeda motor tersebut benar-benar sudah hilang dan melaporkannya ke Polres Payakumbuh untuk pengusutan lebih lanjut.



Dari kedua kejadian tersebut Kami dari Polres Payakumbuh mengingatkan agar masyarakat kota Payakumbuh berhati-hati dalam memarkirkan Sepeda motor, jangan memarkir di tempat yang tidak resmi, jangan malu memberikan kunci pengaman pada motor anda, hindari memarkirkan sepeda motor di dekat mobil boks yang mencurigakan.


KEDATANGAN TEAM WASRIK ITWASDA POLDA SUMBAR










PENERIMAAN POLRI T/A 2015
 




 













Penerimaan untuk menjadi anggota Polri merupakan kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan, hal ini dikarenakan untuk mengisi kekurangan jumlah anggota Polri yang akan pensiun, meninggal dan sebagainya. Polri membuka pendaftaran calon polisi yang dibuka sejak Rabu 8 s.d 25 April 2015 melalui www.penerimaan.polri.go.id.

Penerimaan Polri Tahun 2015 dibuka pendaftaran untuk 3 seleksi calon anggota Polri. "Yakni Akademi Kepolisian (Akpol), Brigadir, dan Tamtama"

Untuk persyaratan umum seleksi Taruna Akpol, yakni WNI pendidikan paling rendah SMU/MA sederajat, berumur paling rendah 18 tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri, sehat jasmani dan rohani, tidak terlibat kasus pidana atau pernah dipidana dan lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Polri. bertinggi badan untuk pria minimal 165 cm, untuk wanita 163 cm.

Sementara persyaratan untuk seleksi Brigadir Polri yaitu lulus SMA/MA/SMK (kecuali perhotelan, kecantikan dan tata boga) dengan minimal nilai akhir 6,50 (Enam Koma Lima Nol), umur pada saat buka pendidikan minimal 17 tahun 5 bulan, maksimal 21 tahun, bertinggi badan untuk pria minimal 163 cm, untuk perempuan 160 cm.

Untuk persyaratan menjadi Tamtama yakni WNI berpendidikan SMU/sederajat, berumur minimal 18 tahun, sehat jasmani rohani, lolos pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Polri.

Proses tahapan seleksi calon Polri tersebut di antaranya meliputi kelengkapan administrasi, tes kesehatan tahap 1, tes psikologi, tes akademik, tes kesehatan tahap 2 serta tes jasmani.



CEK DAN KONTROL PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL TINGKAT SMA BERSAMA MUSPIDA PLUS KOTA PAYAKUMBUH







KUNJUNGAN MENTRI KESEHATAN KE PAYAKUMBUH
 




Menkes Prof. Dr. Dr. Nila F Moeloek, SpM (K) mengapresiasi Walikota Riza Falepi dan Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi, yang sukses melanjutkan program kesehatan yang dilakukan Walikota Payakumbuh H. Josrizal Zain sebelumnya.


Program sanitasi dan air bersih yang dilakukan pada saat pemerintahan Josrizal, telah meletakkan fondasi kuat dalam program kesehatan.



Menkes sangat senang, sukses tersebut terus berlanjut, ketika kota ini dipimpin Riza Falepi. Mudah-mudahan, apa yang dilakukan kedua kepala daerah ini, akan membawa perubahan besar bagi  pembangunan kesehatan di Payakumbuh ke depan.



Sebelumnya, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dalam sambutannya mengatakan, selain melanjutkan program kesehatan pemeritahan sebelumnya, dengan dukungan DPRD, pemko  akan menekan jumlah penderita penyakit degeneratif di Payakumbuh.



Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, SH ikut mendukung target zero ODF (open deputation free)  atau stop buang air besar sembarangan, sudah menjadi agenda Payakumbuh dalam tahun 2015 ini Solusinya, dengan membangun MCK plus+ dan septictank komunal pada kelurahan. Bersama Pokja Kota Sehat dan Forum Kota  Sehat, pemko akan melakukan razia terhadap jamban yang masih ada di atas kolam ikan dan Polres Payakumbuh ikut merazia jajanan tidak sehat di wilayah hukum polres Payakumbuh.



Menurut Riza Falepi, tahun 2015 ini, Payakumbuh akan ikut penilaian Kota Sehat Swastisaba Wistara. Gelar Kota Sehat Swastisaba Wistara itu sudah dua kali diraih Payakumbuh, yaitu di tahun 2011 dan 2013.  Tahun 2015, penghargaan yang sama harus kembali direbut. Dalam menjalankan program, Dinas Kesehatan punya motto Sikat Habis (Selalu Ingin Kesehatan Anda Terpelihara, Harus Bisa). Motto itu, harus terpatri di sanubari petugas puskesmas.

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia itu ditandai dengan penandatanganan prasasti  Terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan. Jajaran Dinkes Payakumbuh, juga menampilkan opera Bebas BABS yang cukup komunikatif dan mengundang decak kagum.  Kemudian, kader kesehatan, pokja, forum kota sehat dan generasi muda, memecahkan kendi, tanda berkomitmen tidak BABS.  Sementara itu, Bupati Pessel Nasrul Abit dan Bupati  Mentawai diwakili Sekdakab, menerima bantuan kelambu anti nyamuk. Kemudian Walikota Riza Falepi juga menerima bantuan kidposbindu dari Menkes.


Usai peringatan Hari Kesehatan Sedunia di Medan nan Bapaneh itu, malam harinya Menkes dan rombongan berkesempatan  menikmati kuliner malam di pusat kuliner di Jalan Sudirman  Kota Payakumbuh.  Sambil menikmati hidangan khas Payakumbuh, Menkes menerima komitmen pedagang kuliner untuk memperhatikan kebersihan dan makanan yang sehat untuk dikonsumsi masyarakat dan tamu yang datang. 


 
PEMBINAAN PRAMUKA SAKA BHAYANGKARA








POLRES PAYAKUMBUH LAKSANAKAN 
BINROHTAL RUTIN PADA MINGGU KE II BULAN APRIL 2015

 

POLRES PAYAKUMBUH MELAKSANAKAN PEMBINAAN ROHANI DAN MENTAL PERSONEL DENGAN PENCERAMAH BUYA ZULDASWAR

 



UPACARA BULANAN POLRES PAYAKUMBUH BULAN APRIL 2015









POLRES PAYAKUMBUH LAKSANAKAN GELAR PASUKAN OPERASI SIMPATIK 2015 

Jajaran Polres Payakumbuh menggelar Apel Gelar Pasukan “Opererasi Simpatik Tahun 2015”, Rabu, (01/04/2015). Operasi yang dipimpin langsung Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, SH ini digelar hingga 21 April mendatang yang bertujuan untuk meningkatkan keteriban lalu lintas.

Dalam Amanat Kapolres Payakumbuh, ada tiga target yang menjadi Prioritas dalam operasi ini, yakni mengurai kepadatan arus lalu lintas, meminimalisir kejahatan jalanan, serta melakukan peneguran bagi para pengendara yang melanggar.
Disisi lain dalam menjalankan tugas, petugas harus berlaku santun, humanis, empati dan tidak mencederai hati masyarakat dengan tidak melakukan penyimpangan dalam melaksanakan tugas.

Pada pelaksanaan apel pasukan tersebut selain jajaran Polres Payakumbuh, turut ikut serta dari Kodim 0306/50 Kota, Pom TNI, Satpol PP dan dari dinas Perhubungan.








TEAM OPSNAL RES NARKOBA

AMANKAN JAJARAN POLRES PAYAKUMBUH DARI PEREDARAN NARKOBA
  


Pid – Polres Payakumbuh (19/15), Berdasarkan Laporan dari Masyarakat tentang maraknya penggunaan Narkoba,  Team yang dipimpin langsung oleh Kasat Res Narkoba AKP Rusirwan bergerak cepat menuju Kelurahan Daya Bangun  dan berhasil Amankan 5 (lima) orang pengedar dan pemakai Narkoba yang mana dua diantaranya adalah perempuan, kelima orang tersebut merupakan warga kelurahan Daya Bangun berinisial DS, LZ, MY, AD, dan FR, dari informasi masyarakat tersangka sudah sering mengadakan pesta Narkoba, dari kelima orang yang dinyatakan tersangka tersebut diamankan Barang Bukti (BB) sebanyak 4 Gram Narkotika Jenis Sabhu-sabhu, Timbangan digital, Alat Hisap Bong, Handphone, sendok pipet plastik dan mancis, kelima orang tersebut digiring ke Mapolres Payakumbuh untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.
Selanjutnya masih dari Informasi masyarakat team melakukan pengembangan dan meluncur ke Kelurahan Balai Batimah Kecamatan Payakumbuh Timur dan mengamankan AJS warga balai batimah, dari penggeledahan yang dilakukan, Team mengamankan 25 (Dua puluh lima) Paket Kecil Narkotika Golangan I jenis Ganja.
Beristirahat sejenak, pada jam 01.00 Wib Dini hari Team Opsnal Res Narkoba langsung bergerak menuju Jorong Pakan Rabaa, Kenagarian Batu payung dan Jorong Pakan senayan Kenagarian Bukik Sikumpa Kecamatan Lareh sago halaban Kabupaten Limapuluh Kota, dalam penggerebekan dini hari tersebut team amankan 3 (tiga) orang tersangka berinisial AC, RK, dan BY, dengan barang bukti 1 (satu) paket menengah dan 1 (satu) paket kecil Narkotika Jenis Ganja.

Dalam 1 (satu) hari Team Opsnal Res Narkoba Polres Payakumbuh berhasil mengamankan 9 (sembilan) orang Pengedar dan Pemakai Narkoba dengan barang bukti keseluruhan sebanyak 4 Gram sabhu-sabhu dan 3,5 Ons Narkotika jenis Ganja.(*Pid)




PERAYAAN IMLEK DI WILAYAH POLRES PAYAKUMBUH BERLANGSUNG AMAN
  





Pid – Kamis, 19 Februari 2015 Personel Polres Payakumbuh Amankan Perayaan tahun baru Imlek 2566, tahun baru warga keturunan Tionghoa kali ini Tidak ada kegiatan yang berarti, karna banyak warga keturunan yang pergi keluar Kota, walaupun demikian Personel Polres Payakumbuh tetap melakukan Patroli dan pengamanan disekitar Kelurahan Daya Bangun, Labuah baru dan Ibuh, karna kelurahan tersebut banyak ditempati penduduk keturunan Tionghoa.
Tim yang Dipimpin Oleh Kabag Ops Polres Payakumbuh Kompol Yoserizal didampingi Kasat Reskrim, Kasat Binmas, Kasat Lantas, KBO Intelkam, Kasi Propam, Paur Humas, serta  perwira lainnya memimpin sebanyak 42 (empat puluh dua) orang personel, seluruh personel yang ditujuk melaksanakan tugas dengan Ikhlas dan Profesional, selama perayaan Imlek di jajaran Polres Payakumbuh berlangsung Aman dan Tertib.




KOTA PAYAKUMBUH DAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
MENGGELAR ALEK NAGARI “PACU KUDA”






Pid – Minggu, 15 Februari 2015 Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota menggelar Pacu Kuda rangkaian acara tersebut sudah ada dalam kalender tahunan PORDASI SUMBAR, Semangat antusias, egoisme, emosi membara menyesak dada para pengemar kuda. Acara yang Dibuka langsung oleh MENPORA RI Imam Nahrawi, dan juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kepala daerah Se-Sumatera Barat, Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, SH beserta Muspida plus Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, komentator memulai perhelatan ini, joki dan kuda pacu dilepaskan ditengah terik panas berdebu galanggang pacu Kubu Gadang Payakumbuh, lebih kurang 4000 orang penonton dari berbagai daerah membanjiri Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang Kota Payakumbuh.

Acara yang diketuai Wakil Bupati Lima Puluh Kota Asyirwan Yunus berlangsung tanggal 15 s/d 16 Februari 2015 diamankan oleh 127 orang Personel Gabungan terdiri dari 67 Orang Personel Polres Payakumbuh dan dibantu dari personel POM TNI, Kodim 0306/50 Kota, Yonif 131 Braja Sakti, Denzipur 2 Padang Mengatas, Pol PP, dan Dishub.

Acara pacukuda Payakumbuh 2015 hari kedua, ditutup secara resmi oleh Walikota Payakumbuh H Riza Falepi. Dalam kesempatan itu, Walikota Riza mengucapkan terimakasihnya pada seluruh sponsor dan stakeholder yang telah membantu hingga pacu kuda Payakumbuh 2015 bisa berjalan dengan lancar.




SILATURAHMI KAPOLRES PAYAKUMBUH KE
KANTOR WALINAGARI SEJAJARAN POLRES PAYAKUMBUH



Pid – Senin, 09 Februari 2015 Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, SH menghadiri Kegiatan Demplot ketahanan pangan penanaman jagung perdana dan pengukuhan anggota JKMP4 (Jaringan Komunitas Masyarakat Peduli Perikanan Pertanian dan Peternakan) Kota Payakumbuh di Kel. Talawi Ompang Tanah Sirah Kec. Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh, Yang diprakarsai oleh Kodim 0306/50 Kota, Kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi dari Presiden RI Joko Widodo dalam melaksanakan swasembada pangan di setiap daerah

Dalam giat ini dihadiri Walikota Payakumbuh, Kapolres Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota, Kajari Payakumbuh, Ketua PN Kota Payakumbuh, Kepala SKPD, Pegawai Dinas Pertanan dan Personel dari Kodim 0306/50 Kota.



POLRES PAYAKUMBUH SELENGGARAKAN
APEL BERSAMA INSTANSI TERKAIT

 
Senin (09/15) bertempat di Lapangan Apel Mapolres Payakumbuh dilaksanakan apel bersama instansi terkait dalam rangka sinergitas dan mempererat tali silaturahmi dengan pemerintah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, pada Apel bersama ini bertindak selaku Inspektur Upacara Walikota Payakumbuh Reza Fahlepi, dalam amanat beliau menyampaikan perlunya sinergitas antara seluruh instansi di wilayah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh kota agar terwujudnya kota Payakumbuh aman, nyaman, tentram, dan damai.

Personel Apel terdiri dari 1 (satu) pleton Yonif 131 Braja Sakti, 1 (satu) pleton Sat Sabhara Polres Payakumbuh, 1 (satu) pleton 1 (satu) pleton Sat lantas, 1 (satu) pleton Gabungan Staf, 1 (satu) pleton Res Intel dan Narkoba, 1 (satu) pleton Dishub Kota/Kabupaten Limapuluh Kota, 1 (satu) pleton, 1 (satu) pleton Pol PP Kota/Kab. 50 Kota, 1 (satu) pleton Polhut Kota/Kabupaten Limapuluh Kota.

Setelah dilaksanakan Apel dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Team C3 (Curat, Curas, Curanmor) atas keberhasilan Team yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Adek Chandra, SH, MH. Dalam mengungkap Kasus Curanmor Di wilayah hukum Polres Payakumbuh.


KAPOLRES PAYAKUMBUH HADIRI PENANAMAN JAGUNG PERDANA DALAM RANGKA SWASEMBADA PANGAN NASIONAL



Pid – Senin, 09 Februari 2015 Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, SH menghadiri Kegiatan Demplot ketahanan pangan penanaman jagung perdana dan pengukuhan anggota JKMP4 (Jaringan Komunitas Masyarakat Peduli Perikanan Pertanian dan Peternakan) Kota Payakumbuh di Kel. Talawi Ompang Tanah Sirah Kec. Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh, Yang diprakarsai oleh Kodim 0306/50 Kota, Kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi dari Presiden RI Joko Widodo dalam melaksanakan swasembada pangan di setiap daerah.



Dalam giat ini dihadiri Walikota Payakumbuh, Kapolres Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota, Kajari Payakumbuh, Ketua PN Kota Payakumbuh, Kepala SKPD, Pegawai Dinas Pertanian , dan Personel dari Kodim 0306/50 Kota.

 


KAPOLDA SUMBAR
JALIN SILATURAHMI DENGAN BERSEPEDA

 
Pid - Kepala Polisian Daerah Sumatera Barat, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto, jalin tali silaturahim dengan Funbike (7/2/2015), Kegiatan yang diikuti oleh Petinggi Polda Sumbar dan beberapa bikers dari berbagai daerah yang dimulai dari Jam Gadang Bukittinggi menuju garis Finish di Kelok sembilan Kabupaten Limapuluh Kota, Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, SH  dan Wakapolres Payakumbuh Kompol M. Yudie Sulisyo, Sik ikut serta dalam Rombongan.
 
Setiba di wilayah hukum Polres Payakumbuh Kapolda beserta rombongan beristirahat di Objek Wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh, selain sebagai tempat untuk beristirahat sekaligus sebagai pengenalan wisata di Kota Payakumbuh, selanjutnya Kapolda Sumbar Brigjend Pol Bambang Sri Herwanto beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kelok Sebilan Kabupaten Limapuluh Kota.

DALAM 1X24 JAM POLRES PAYAKUMBUH
BERHASIL AMANKAN PELAKU CURANMOR



Pid - Menindak lanjuti Laporan dari masyarakat dengan nomor LP/K/41/II/2015 Tgl 02-02-2015 mengenai Kasus Curanmor di Kelurahan Padang Tiakar Kec. Payakumbuh Timur, maka Tim Opsnal yang dipimpin oleh KBO Reskrim Iptu Elvis Susilo melakukan penyelidikan di sejajaran Polres Payakumbuh, dalam penyelidikan yang berlangsung singkat tersebut tim menemukan seseorang yang dicurigai sedang melakukan transaksi sepeda motor jenis Yamaha Mio di kelurahan labuah Baru Kec Payakumbuh Utara, kemudian Tim melakukan introgasi dan penggeledahan terhadap orang yang dicurigai tersebut, karena adanya bukti yang kuat kedua orang tersebut yakni MH dan MR, ditetapkan sebagai tersangka pelaku curanmor dan mengamankan 2 (dua) unit barang bukti Sepeda Motor merk Yamaha Mio, kedua orang tersebut digiring ke Mapolres Payakumbuh untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut terkait jaringan curanmor.(*Pid)



RAPAT KOORDINASI TENTANG PERMINTAAN BANTUAN
FASILITAS UJI PRAKTEK SIM POLRES PAYAKUMBUH


Senin, 2 Februari 2015 bertempat di Kantor Kesbangpol dan Linmas, Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, SH menghadiri Rapat Koordinasi dengan Instansi terkait tentang permintaan bantuan fasilitas Uji praktek SIM Polres Payakumbuh yang dalam perencanaannya dibangun di Lapangan Kubu Gadang Kec. Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh, turut hadir dalam rapat tersebut Wakil Walikota Payakumbuh Drs. Suwandel Muchtar, Asisten I Kota Payakumbuh, Asisten II Kota Payakumbuh, Kepala KESBANGPOL, Camat Payakumbuh Utara, Kepala Dishub Kota Payakumbuh, Kepala PU Kota Payakumbuh, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Bappeda Kota Payakumbuh, Ketua KAN Koto Nan Gadang, Ketua KAN Tiakar, Ketua PORDASI, Kabag Humas Kota Payakumbuh, KBO Sat Lantas, Kaur Regident Sat Lantas dan Paur Humas Polres Payakumbuh.

Rapat yang berlangsung 90 menit ini berkesimpulan Menunggu Keputusan dari KAN (Kerapatan Adat Nagari) Koto Nan Gadang dan Tiakar, untuk persetujuan pembuatan Lapangan dan fasilitas uji praktek SIM tersebut.(*Pid)



POLRES PAYAKUMBUH LAKSANAKAN
RAT (RAPAT ANGGOTA TAHUNAN) TAHUN BUKU 2014
TENTANG PRIMKOPPOL (PRIMER KOPERASI KEPOLISIAN RI)


Sabtu 1 Februari 2015 Primkoppol Polres Payakumbuh melaksanakan (Rapat Anggota Tahunan) RAT Tahun buku 2014 yang dihadiri Kapolres Payakumbuh AKBP YULIANI, SH, dalam sejarah berdirinya Primkoppol Resor Payakumbuh sebagai lembaga Koperasi Fungsional ditingkat Polres Payakumbuh senantiasa berusaha untuk lebih baik meningkatkan kesejahteraan anggota, walaupun belum mencapai sasaran secara optimal, diharapkan sebagai penunjang Kesatuan didalam mensejahterakan anggota beserta keluarga.

Dengan jumlah personel sebanyak 442 personel, Primkoppol Resor Payakumbuh menyelenggarakan berbagai kegiatan usaha, dan dari hasil berbagai kegiatan usaha yang telah dilaksanakan, maka Primkoppol Resor Payakumbuh tahun kerja 2014 berhasil mencapai target yang direncanakan dan mendapatkan penilaian “A” yang diserahkan langsung oleh Kabid Koperasi Kota Payakumbuh Hj. Adriati kepada Ketua Primkoppol Kompol Irlon.

Ada beberapa pembahasan mengenai laporan tahunan yang memuat hal-hal yang perlu diketahui, (RAT) ini merupakan kekuasaan tertinggi dalam organisasi Koperasi dan pelaksanaannya diatur dalam Anggaran Dasar, Ketentuan ini sebenarnya menjadi bagian Integral dari Koperasi Indonesia yang berlaku untuk seluruh Koperasi di Indonesia untuk dapat dibahas dan sekaligus berdasarkan musyawarah mufakat bersama mendapat pengesahan dari seluruh anggota, Selain itu, ada beberapa paparan serta sesi tanya jawab antar anggota untuk pengurus lama dengan pemilihan pengurus koperasi yang baru, dalam keputusan rapat tersebut dilakukan perombakan ketua Koperasi dari Kompol Irlon kepada AKP Sayuti Bay, Sekretaris Ipda Asriul, Bendahara Brigadir Alpiadi Siregar, dan Ketua Pengawas Koperasi Kompol Yoserizal, yang beranggotakan Kompol Yasman, SH, dan AKP Yanisman  selain itu melalui musyawarah dari seluruh personel ditetapkan juga Simpanan Pokok anggota dari Rp. 150.000,- menjadi Rp. 200.000,-/ Bulan.

Di akhir acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2014 Primkoppol Polres Payakumbuh melanjutkan dengan pemberian Doorprize berupa uang saku kepada seluruh anggota Primkoppol.(*Pid)



LATIHAN PRA OPERASI KEPOLISIAN

SIKAT SAGO 2015 POLRES PAYAKUMBUH


Pid Polres Payakumbuh - Kamis (29/01/15) pukul 09.00 Wib bertempat di Aula Polres Payakumbuh Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, SH. didampingi Wakapolres Kompol M. Yudie Sulistiyo, Sik membuka Latihan Pra Operasi Sikat Sago 2015, operasi yang berjalan 7 (tujuh) hari ini merupakan operasi mandiri kewilayahan yang bertujuan untuk, menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif di wilkum Polres Payakumbuh dari kejahatan curat dan curas yang mana operasi ini mengedepankan Fungsi Reskrim kemudian didukung Fungsi Intelijen, Fungsi Lalu Lintas, Fungsi Binmas, Fungsi Sabhara Dan Propam.

Dalam sambutannya, Kapolres Payakumbuh menyampaikan arahan serta petunjuk  agar dalam pelaksanaan Operasi kewilayahan ini, Satuan Fungsi yang dikedepankan agar lebih proaktif dengan dan mendapat dukungan fungsi-fungsi yang lain sehingga diharapkan tercapainya TO (Target operasi) yang telah ditetapkan.

Setelah acara sambutan oleh Kapolres Payakumbuh dilanjutkan dengan pemberian Materi pelaksanaan operasi oleh  Kabag Ops Kompol Yoserizal, selanjutnya paparan dari Kasat Reskrim yang diwakili KBO Reskrim, paparan Kasat Intelkam yang diwakili KBO Intelkam, paparan Kasat Sabhara, dan arahan dari Kasi Propam, Sebelum penutupan Lat Pra Ops Sikat Sago 2015 Kapolres Payakumbuh melakukan analisa dan evaluasi dari paparan masing-masing Sat Fung, setelah melaksanakan Anev, Latihan Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan Sikat Sago 2015 ditutup oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, SH, pada pukul 12.00 Wib, kegiatan berlangsung aman, tertib dan lancar.(*Pid)




HARI KE 2 (DUA) DAN KE 3 (TIGA) OPERASI CEMPAKA
BERHASIL MENJARING AGEN LIAR DAN PREMAN



Pid Humas Polres Payakumbuh – Hari ke dua (27/15) dan ketiga (28/15) pelaksanaan Operasi Cempaka di jajaran Polres Payakumbuh berjalan baik, Operasi yang dipimpin Kabag Ops Kompol Yoserizal ini didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Adek Chandra, Kasat Sabhara AKP Sayuti Bay, Kasat Binmas, KBO Intelkam, Kapolsek Kota, dan Paur Humas Polres Payakumbuh, beserta 32 orang personel gabungan dari Sabhara, Reskrim, Intelkam dan Lalu lintas.
Dalam Operasi Kali ini Polres Payakumbuh berhasil mengamankan 3 (tiga) orang agen liar yang tidak memiliki Surat Izin penunjukan dari PO (Perusahaan Otobus) yaitu 2 (dua) orang di simp. Pakan sinayan dan satu orang lainnya di kawasan Simpang Napar Payakumbuh, dan 2 (dua) orang yang tidak memiliki identitas yang diduga preman kelima orang tersebut digiring ke Mapolres Payakumbuh, untuk dilakukan pembinaan, berikutnya Kabag Ops memberikan arahan kepada 9 (sembilan) orang Agen PO (Perusahaan Otobus) dan Parkir liar agar para agen  PO memperpanjang dan mengurus surat penunjukan dari PO (Perusahaan Otobus), kemudian terhadap parkir liar agar mengurus surat ke DISHUB sehubungan dengan penunjukan langsung sebagai Tukang Parkir.(*pid) 




KABAG OPS POLRES PAYAKUMBUH PIMPIN PELAKSANAAN OPERASI CEMPAKA



Pid Humas Polres PayakumbuhPersonel Polres Payakumbuh melakukan penindakan terhadap Parkir Liar dan Premanisme (26/15) dengan Sandi Operasi Cempaka 2015, Operasi yang dipimpin Langsung Kabag Ops Kompol Yoserizal, melibatkan 38 personel gabungan dari Sat Reskrim, Sat Intelkam, Sat Lantas, Sat Narkoba, Sat Binmas, Provost dan Sat Sabhara digelar mulai hari Senin 26 Januari 2015 sekitar pukul 09.00 Wib.

Sasaran Awal adalah penertiban parkir di depan Toko Bunda Jaya Kampung Cina, Simp. Kasda, dan dilanjutkan ke Simp. Masjid Muhammadiyah, dalam kegiatan ini Personel Polres Payakumbuh melakukan pengarahan terhadap 8 (delapan) orang Tukang Parkir antara lain: Niko efendi, Son, Anton, Jumaidi, Jasri, Ujang, Ali munar, dan Irhanis.

Operasi yang digelar belum berhasil menjaring premanisme dan akan dilanjutkan pada hari Selasa tanggal 27 Januari 2015(*Pid)



PENGAKTIFAN DAN PENYERAHAN E-KTA 
DI POLRES PAYAKUMBUH

Jum’at (16/15) pukul 08.00 Wib bertempat di Aula Polres Payakumbuh dilaksanakan Pengaktifan dan penyerahan KTA elektronik Polri dari BRI Cabang Payakumbuh.
Pengaktifan dan penyerahan KTA elektronik dibuka oleh Waka Polres Polres Payakumbuh KOMPOL M. YUDIE SULISTYO, Sik yang mana acara tersebut dihadiri seluruh personel Polres Payakumbuh, Personel Polsek beserta Pns Polri sejajaran Polres Payakumbuh, kemudian Waka Polres Payakumbuh mengarahkan agar personel mengikuti dengan baik dan bersabar menunggu antrian, karna banyaknya personel yang akan didata/register.
Pimpinan Cabang BRI Payakumbuh Andreas Chandra.S menyampaikan bahwa untuk registrasi E-Kta, masing-masing personel harus menyiapkan data-data yang dibutuhkan, antara lain Foto copy rekening, foto copy KTP, dan Foto Copy Kartu ATM lama, dalam Pengaktifan dan penyerahan E-KTA diharapkan mendapatkan respon positif dari seluruh Personel, sehingga pada nantinya kalau sudah memiliki KTA Elektronik ini mampu dipergunakan dengan baik, diharapkan bermanfaat dan mendapat kemudahan dari KTA Elektronik.
Ada beberapa manfaat dari E-KTA antara lain: Mengurangi beban tugas bendahara, Memberikan jaminan kepada Bank yang akan menyalurkan kredit kepada anggota,  Atas persetujuan pegawai/anggota/Istri/suami/anak/adik dapat menggunakan gaji  langsung dari rekening baik melalui overbooking maupun melalui penggunaan ATM.
E-KTA POLRI adalah Kartu Anggota POLRI yang menggunakan sistem elektronik dengan dilengkapi chip dan magnetic stripe yang mempunyai fungsi sebagai kartu identitas, alat pembayaran,  dan transaksi perbankan
Selanjutnya Wakapolres Payakumbuh menerima secara simbolis penyerahan dan pengaktifan E-KTA dari pimpinan Cabang BRI Payakumbuh Andreas chandra santoso(*Pid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar